Berita Terhangat :
Home » , » Pejambon Terpilih Menjadi Pilot Projec Revolusi Data Bojonegoro

Pejambon Terpilih Menjadi Pilot Projec Revolusi Data Bojonegoro

Written By Unknown on Senin, 09 Januari 2017 | 19:28

Desa Pejambon kecamatan Sumberrejo   menjadi sasaran Revolusi data pemerintah kabupaten Bojonegoro tahun 2017 bersama 9 Desa lainya.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi revolusi data di gedung pemkab Bojonegoro ( 6/1/2017) yang diselenggarakan oleh Dinkominfo, yang bekerja sama dengan Exxon Mobil  cepu Limited  ( EMCL ), Bojonegoro Institut ( BI ) dan NGO nasional  Sinergantara dari Bandung.


“ kesepuluh desa ini akan menjadi percontohan pengambilan data dan kalau ini berhasil baru akan dikembangkan ke seluruh Desa dikabupaten Bojonegoro “ kata Kabid Jarkom Joko Suharmanto

Revolusi data ini merupakan kelanjutan program pengembangan dari revolusi data Dawis yang dikembangkan oleh PKK kabupaten Bojonegoro, yakni pendataan yang telah dilakukan oleh kader Dasa Wisma yang sangat lengkap dengan  by name by Addres, dan sangat detail yakni berisi 303 indikator.

Jika aplikasi yang dikembangkan oleh NGO sinergantara Bandung yang bekerja sama dengan Bojoneogro Institut  Ini berhasil dengan baik, maka semua para pihak akan mudah membuat  perencanaan pembangunan dengan tepat sasaran “  kata alifah Zain Sekretaris PKK Kabupaten Bojonegoro.

“ Ini merupakan  pengembangan  aplikasi  data  yang sangat hebat dan  baru  pertama kali di Indonesia aplikasi ini dikenalkan  “ kata  Ilham Direktur dari Sinergantara Bandung. Tahapan pelaksanaan  Revolusi data ini panjang pertama pembuatan, sosialisasi, pendataan lapangan dan Update data, dan natinya para kader   Dawis, cukup dengan HP androit atau  smart phone dalam menggunakan Aplikasi data ini ( Revolusi Data ).

Sistim pendataan revolusi data ini mengunakan metode Sensus, foto, dan pencatatan By name dan by Addres, sehingga nantinya untuk mengetahui berapa jumlah warga yang rumahnya masih berlantai tanah, dan siapa saja nama Keluarganya, akan dengan mudah untuk mendapatkanya. “ kata Kusnandaka Tjatur P. Pria yang pernah menjabat Asisten Pemerintahan Bojonegoro.

Harapan dari kepala Dinas kominfo, “ mudah mudahan 10 Desa ini mampu menjadi percontohan dari Program  Revolusi data ini dengan baik sesuai tahapan yang diinginkan, sehingga kedepan dalan rangka Pembangunan berkelanjutan (Sustainble Development) data ini akan menjadi pioneer agar para investor tertarik datang di Bojonegoro, karena data yang kita disuguhkan sudah terafiliasi melalaui aplikasi yang akuntabilitas. (*/KIM)

Desa Peserta Revolusi data meliputi :
  1. Bonorejo
  2. Brabowan ( Kec.Gayam )
  3. Pilangsari
  4. Ngringinrejo ( Kalitidu )
  5. Tlatah (Purwosari)
  6. Pacul ( Kota )
  7. Kapas ( Kapas )
  8. Sidobandung ( Balen )
  9. Prayungan ( Sumberrejo )
  10. Pejambon ( Sumberrejo ).
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur