Berita Terhangat :
Home » , , » PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN LINGKUNGAN

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN LINGKUNGAN

Written By Unknown on Jumat, 14 November 2014 | 21:28

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN LINGKUNGAN
Sebagai warga Negara yang baik ,masyarakat harus mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan untuk menjaga kesehatan sesuai kemampuan kita  masing-masing.
Adapun hal- hal yang perlu dipertimbangkan dalam menindaklanjuti tentang pemberdayaan  tersebut tentunya kita harus bersama-sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam hal peliharaan lingkungan.
Langkah nyata yang harus dilakukan dalam melestarikan lingkungan, seperti apa yang telah disampaikan bapak bupati Bojonegoro H.Suyoto “ Warga Bojonegoro harus tanggap dan sayang terhadap lingkungan kita.”hal tersebut dikatakan Bapak Bupati dalam pidato acara Hari lingkungan Hidup yang mengambil Tema “gerakan sayang lingkungan “ pada tanggal 5 Juni 2014 di Pendopo Kabupaten Bopjonegoro.

KEGIATAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN LINGKUNGAN
Serangkaian kegiatan masyarakat dalam memelihara lingkungan  dikabupaten bojonegoro, tentunya, tidak isapan jempol belaka namun dibuktikan dengan kegiatan serempak yang dipelopori oleh bapak bupati dan Satker  Kabupaten dan di lakukan juga oleh bapak camat masing-masing wilayah  kecamatan diseluruh  Bojonegoro, dengan gerakan sayang sungai, gerakan sayang tanaman/pohon, gerakan sayangi jalan serta gerakan sayangi sampah.
Adapun langkah dan aksi nyata yang dilakukan warga Bojoengoro dalam pemeliharaan lingkungan  dengan cara bekerja bhakti ( Gotong Royong ) yang dilakukan pemerintah dengan masyarakat setiap hari jumat dengan tema Jum,at Bersih.
Adapun kegiatanya adalah :
a. Pembersihan bantaran sungai, Saluran air, sanitasi dan SPAL.
b. Melakukan penyiraman dan perawatan/ pemeliharaan Taman
c. Penanaman pohon dan penghijauan pada lahan kosong dan lahan kritis dikawasan Bantaran Sungai.
d. Malakukan perawatan dan pemeliharaan jalan paving dilsetiap lingkungan
e. Melaksanakan  3 R ( Reduce, Reuse, Recycle ) atau gerakan memilah dan mimilih sampah yang diperoleh dari pusat-pusat kegiatan  seperti pasar dll.

MAKSUD DAN TUJUAN PEMEBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMELIHARA LINGKUNGAN.
Tentunya patut kita lakukan dan sadari bahwa kendala masyarakat kita dalam  hal pemeliharaan lingkungan bersumber dari cara pandang dan pola piker masyarakat dalam menyikapai pentingya pemeliharaan lingkungan demi kesehatan dan demi masa depan anak cucu kita.
Jika dalam lingkungan kita sehat, bersih, indah tentunya jiwa kita juga akan sehat, karena udara yang kita hisap adalah udara yang bersih dari polusi, air yang kita pakai untuk minum, cuci dan  mandi, juga air yang bersih yang tidak tercemari dari kotoran limbah, rumah yang kita tempati juga Rumah yang sesuai kriteria PHBS.
Jadi dengan adanya gerakan sayang yang diprogramkan bapak bupati bojonegoro nantinya  kita semua warga bojonegoro menjadi wong bojonegoro yang sehat, produktif Bahagia.

   
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur