Berita Terhangat :
Home » , » Sisi Lain Kunjungan Nasional Festival HAM di Desa Pejambon

Sisi Lain Kunjungan Nasional Festival HAM di Desa Pejambon

Written By Unknown on Sabtu, 03 Desember 2016 | 19:05

KIM Akses Jaya - Setelah desa Pejambon mendapat predikat juara Desa terbuka tamu dan kunjungan selalu berdatangan untuk melihat secara langsung bagaiamana proses penerapan  dan praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang terbuka.

Hari jumat tanggal 2 Desember 2016 Pejambon mendapat kunjungan dari Tim Festival Ham yang anggotanya dari berbagai NGO seluruh Indonesia mulai Medan sampai Papua.

Kunjungan yang dikemas dalam bentuk diskusi atau lebih dikenal dengan istilah Forum Rembug Desa di pejambon, berlangsung sangat singkat namun berisi karena diskusi dilakukan dalam bentuk Take and Give masing masing tim Kunjungan dan tuan rumah bisa sharing bersama saling memebri masukan  terkait Pemerintahan Desa yang terbuka ( Open Government ).


 Sisi lain yang menarik dari kunjungan kali ini adalah adanya peserta yang sudah berusia tua namun masih enerjik dan semangat yaitu NGO dari medan dan NGO dari Papua yang bernama  Dicky Romarupen “ mereka berkata “ kita sering ke desa desa seluruh Indonesia namun ketika saya melihat Pejambon saya senang, karena desa sudah berani telanjang data dan kebijakannya.

Juga apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Pejambon ABD.ROKHMAN bahwa Selama menjabat kepala Desa saya baru kali ini mendapat kunjungan dan ada pertanyaan langsung  melalui Diskusi  “ jadi saya harus hati hati menjawab agar nanti yang bertanya puas dengan jawaban saya “.

Salah satu NGO dari Wonosobo yang  mengawali pada diskusi tersebut, dengan 5 pertanyaan yang kemudian di sambung oleh Kordinator Insitut for research and empowerment ( IRE ) mengajukan pertanyaan terkait Kebijkan pengeloaan keuangan dan penyelenggaraan Pembangunan dan program pro rakyat Miskin yang kemudian dijawab oleh Kepala Desa ABD. ROKHMAN diteruskan oleh moderator Diskusi.

Harapan dari ketua Tim festival Ham Sugeng bahagian dari NGO Infid mudah mudahan nanti kunjungan ini bermanfaat bagi para peserta Festival Ham yaitu diterapkan ke Kabupatenya  agar nanti  Open Government menjadi  virus   untuk ditularkan kepada desanya masing masing. (*?KIM)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur