Berita Terhangat :
Home » » LINGKUNGAN BERSIH HIDUPKU SEHAT

LINGKUNGAN BERSIH HIDUPKU SEHAT

Written By Unknown on Sabtu, 29 November 2014 | 22:36

LINGKUNGAN BERSIH HIDUPKU SEHAT

            Mimpikah kita menginginkan lingkungan yang besih, asri, seperti dulu  beberapa puluh tahun yang lalu saat kita  masih kecil, dimana kaki kita berpijak disitu akan kita lihat indahnya lingkungan yang ada disekitar kita, di sungai air nampak  jernih hijau, di lingkungan terasa segar udaranya, dipinggir-pingir  jalan pohon rindang menyertai perjalanan kita terasa  sejuk, udara yang kita hirup bersih dari pencemaran.

Lain dulu lain sekarang , yang mana keadaan lingkunga  kita sekarang sudah memprihatinkan, udara sudah tercemar, cuaca terasa panas,  sungai sudah keruh airnya  tak lagi jernih tapi kotor dan pohon-pohon besar sudah tumbang oleh rakusnya manusia untuk itu mim ikah  pemerintah kabupaten bojonegoro jika  melakukan upaya pelestarian lingkungan demi mempertahankan sisa-sisa keadaaan  lingkungan syukur nantinya bisa kembali  seperti dahulu.


Namun itu semua tidak semudah membalikan telapak tangan kita, tanpa dilakukan perencanaan yang matang dan dibarengi kesadaran masyarakat maka mustahil hal itu bisa terwujud, untuk itu dalam rangka mendukung program pemerintah kabupaten Boonegoro dalam hal pentingya menjaga kelestarian lingkungan  maka perlu disosialisasikan   kepada seluruh lapisan  masyarakat agar senantiasa proaktif  dengan  melakukan  kegiatan pelestarian lingkungan  sesuai dengan kemampuan kita msing-masing.
 
 Seperti contoh gerakan  menanam   pohon,gerakan  sayang ( sayang sungai, sayang pohon, sayang taman dan sayang sampah ) gerakan  jum’at bersih, gerakan membersihkan  Saluran air dari  semua sumbatan agar tidak menimbulkan banjir lingkungan, pencabutan  paku pada pohon-pohon bekas pemasangan publikasi,   itu adalah upaya agar bagaimana lingkungan kita menjadi bersih.

Memang banyak kasus-kasus perusakan lingkungan hidup dimasyarakat, semua   itu terjadi karena  bisa factor alam juga  ulah manusia itu sendiri.  Baik sengaja maupun tidak sengaja, sehingga membuat alam dan lingkunga  kita menjadi rusak.

Seperti contoh pembalakan liar ( Illegal Loging ), penebangan pohon –pohon besar yang rindang, Membuang sampah tidak pada tempatnya juga galian liar yang paling marak di Bojonegoro dan masih banyak kasus-kasus lainya yang sering terjadi dimasyarkat, seperti Polusi udara akibat  pembakaran  mesin   (  Knalpot , crobong pabrik, dan pembuangan limbah industry )  yang semakin lama semkain ,meningkat seiring majunya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Seperti  yang di muat dalam berita warta  Bojonegoro terbitan bulan Juni  2014,  bahwa   lingkungan dikabupaten Bojonegoro sekarang sudah saatnya untuk diperhatikan dan dilindungi kelestarianya demi  mewujudkan lingkungan yang  sehat, rapi dan indah untuk menuju wong  Jonegoro yang sehat, ;produktif dan bahagia.

            Adapun langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam mengantisipasi kerusakan lingkungan,   salah satunya dengan cara  mengedepankan kesadaran pikiran,  Dialog, pembinaan kepada kealompok  serta sosialisasi kepada masyarakat  tentang pentingnya  pelestarian lingkungan Hidup.  Yang ada disekitar kita.

CEGAH KERUSAKAN LINGKUNGAN DENGAN POLA HIDUP BERSIH SEHAT

         Sudah efektifkah peraturan dan undang-undang  tentang pelestarian .lingkungan hidup untuk mengawal dan menjaga kelestarian  lingkungan dikabupaten kita  atau di tempat lain, Tentu jawabanya sama  ternyata PERDA dan PERBUP dan peraturan Lainya  masih kurang efektif jika tidak dibarengi dengan pola pikir dan kesadaran manusia itu sendiri dalam melestarikan lingkungan.

Seperti contoh yang  marak dikabupaten Bojonegoro  saat ini yaitu :
  1. Penggalian pasir  bengawan solo, Yang bisa menjadikan kerusakan erosi tanah pinggir bengawan,
  2. Pembalakan liar ( Blandong ), yang bisa mengakitbatkan hutan gundul dan kerusakan ekosistem dan juga bisa menjadi banjir bandang. 
  3. Membuang sampah tidak pada tempatnya yang bisa mengakibatkan banjir, lingkungan dan pencemaran air juga tanah.
           Tentu ini hanya  contoh kecil tentang kerusakan lingkungan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, sehingg kita semua perlu mencari solusi bagaiamana cara yang efektif untuk menumbuhkan kesadaran masayarakat dalam mengantisipasi kerusakan lingkungan.  Agar nantinya kita mendapatkan lingkungan yang kita inginkan bersama, lingkungan yang bersih sehat  dan indah.

Sepertinya  kita patut  mencontoh dan menteladani terhadap kelompok ibu-ibu PKK desa Pejambon kecamatan Sumberrejo,  yang melakukan gerakan kecil membersihan lingkungan  dan menanm pohon dikebun Dasa Wisma yang nantinya dari kecil itulah  kita berharap akan mendapatkan sesuatu yang besar gerakan kerja bhakti dan gotong royong menjadi kebiasaan yang timbul dari dalam sanubari sehingga  nantinya yang dilkaukan akan berbuah  kesehatan juga hasilnya bisa dinikmati  oleh   makhluk hidup di sekitar  kita. 

Jika dalam lingkungan kita sehat, bersih, indah tentunya jiwa kita juga akan sehat, karena udara yang kita hirup  adalah udara yang bersih dari polusi, air yang kita pakai untuk minum, cuci dan  mandi, juga air yan g bersih yang tidak tercemari oleh kotoran limbah dan sampah,  rumah yang kita tempati juga Rumah yang sesuai kriteria Pola Hidup Bersih sehat.jika kenyamanan ini kita dapatkan maka itulah warisan Lingkungan untuk anak cucu kita yang sebenearnya. 

 BRAVO LINGKUNGAN BERSIH
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur