Berita Terhangat :
Home » » KIPRAH KIM AKSES JAYA DEMI LINGKUNGAN BERSIH YANG BERDAYA

KIPRAH KIM AKSES JAYA DEMI LINGKUNGAN BERSIH YANG BERDAYA

Written By Unknown on Sabtu, 29 November 2014 | 22:46

KIPRAH KIM AKSES JAYA DEMI LINGKUNGAN BERSIH YANG BERDAYA

Sebagai warga Negara yang baik ,masyarakat harus mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan untuk menjaga kesehatan sesuai kemampuan kita  masing-masing.
Adapun hal- hal yang perlu dipertimbangkan dalam melestarikan lingkungan tersebut tentunya kita tidak bisa sendiri namun  harus bersama-sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam hal memelihara  lingkungan.
Langkah nyata yang harus dilakukan dalam melestarikan lingkungan, seperti apa yang telah disampaikan oleh kordinator KIM Akses Jaya Pejambon Sumberrejo  ( Sufyan Terto )  Warga Bojonegoro harus tanggap dan sayang terhadap lingkungan kita.”hal tersebut dikatakan Bapak Sufyan terto saat mempersiapkan KIM Akses Jaya untuk menjadi wakil Bojonegoro dalam lomba Cerdik Cermat Komunikatif  tingkat Bakorwil Bojongoro di Media Center Bojonegoro.  Yang secara kebetulan tema yang akan diangkat  untuk lomba tentang Lingkungan Hidup.
Sungguh kita patut bersyukur jika masih ada sekelompok masyarakat yang  masih peduli dengan lingkungan  seperti KIM Akses Jaya, yang telah getol melakukan sosialisasi, juga Dialog dengan masyarakat  dengan tema  bagaimana langkah kita agar masyarakat tumbuh kesadaran untuk memlihara lingkungan yang ada disekitar kita kata Pak Kepala Desa Pejambon   ABD.ROKHMAN ) disela-sela sambutanya pada acara sosialisasi dalam rangka menyambut  musim hujan dengan mengambil tema” SELAMAT DATANG MUSIM HUJAN “

KENAPA LINGKUNGAN KITA HARUS BERSIH

Karena lingkungan yang bersih dan indah itu adalah cermin dari pribadi dan karakter kita sebagai penghuninya, jika kita terbiasa melihat sesuatu yang kotor maka kita akan sulit untuk berfikir bagaimana itu  bersih. Kata Kang Yoto Bupati Boojonegoro, disela-sela sambutan pada acara KIM sekabupaten Bojonegoro di hotel Aston.
Untjuk itu  mari kita semua selalu menjaga lingkungan kita agar senantiasa sehat dan bersih dimulai dari diri kita,  keluarga kita, tempat kita bekerja, Desa Kita dst, untuk  senantiasa hidup bersih agar kita bisa memperoleh hidup sehat.  
           Adapun langkah dan aksi nyata yang bisa kita dilakukan dalam memlihara lingkungan  dengan banyak cara adapun  salah satunya adalah  kegiatan   bekerja bhakti ( Gotong Royong ) di setiap lingkungan  RT, RW, lebih-lebih sekarang musim hujan telah tiba, sudah sepatutnya kita melakulkan gerakan antara lain :   

  1. Pembersihan bantaran sungai, Saluran air, sanitasi dan SPAL. 
  2. Melakukan penyiraman dan perawatan/ pemeliharaan Taman, daan pemanfaatan tanah pekarangan. 
  3. Penanaman pohon dan penghijauan pada lahan kosong dan lahan kritis dikawasan   Bantaran Sungai. 
  4. Malakukan perawatan dan pemeliharaan jalan paving dilsetiap lingkungan 
  5. Melaksanakan  3 R ( Reduce, Reuse, Recycle ) atau gerakan memilah dan mimilih sampah yang diperoleh dari pusat-pusat kegiatan  seperti pasar dll.
.      Kim Akses jaya Menyadari sungguh ini tidak mudah untuk dilakukan seluruh kegiatan tersebut, mengingat  pekerjaan kerja bhakti atau gotong royong itu memerlukan kesadaran untuk berperilaku dan melakukan, namun  setidaknya jika salah satu dari berbagai macam kegiatan diatas bisa kita lakukan maka lingkungan kita menjadi  Bersih dan Sehat.
Tentunya jika kita ingat program Kabupaten Bojonegoro, Desa Sehat dam Desa Cerdas maka sudah sepatutnya jika kita melakukan gerakan-gerakan yang mengarah ke indicator Desa sehat dan cerdas, dengan begitu capaian Indek pembangunan dan efesiensi anggaran untuk sehat dan cerdas dapat diminimalisir dengan program tersebut.
Karena seperti apa yang disampaikan Kang Yoto Bahwa Sehat itu mahal dan Cerdas jauh lebih mahal, karena dengan sehat kita bisa berkarya dan bekerja dengan cerdas kita bisa berinovasi ( melahirkan ide ) dan juga kita harus yakin bahwa pendidikan bisa  memutus mata rantai kemiskinan yang  melanda sebgaian warga Bojoengoro. Untuk itu mari kita upayakan desa kita menjadi desa sehat dan cerdas.   
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur