Berita Terhangat :
Home » , » LINGKUNGAN HIDUP

LINGKUNGAN HIDUP

Written By Unknown on Rabu, 12 November 2014 | 01:27

PENGERTIAN LINGKUNGAN

Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik dan abiotik.lingkungan Biotik dapat kita jumpai dilingkungan kita sehari-hari yaitu semua benda yang bergerak dan berkembang atau biasa disebut (Benda hidup ) seperti contoh manusaia, hewan, tumbuh-tubuhan, sedangkan Abiotik adalah semua benda dan barang yang tidak berkembang dan bergerak hidup atau biasa disebut ( Benda Mati ).

Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang

LINGKUNGAN HIDUP
Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.

Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Unsur Hayati (Biotik)
    Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika kalian berada di kebun sekolah, makalingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalah teman-teman atau sesama manusia.
  2. Unsur Sosial Budaya
    Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.
  3. Unsur Fisik (Abiotik)
    Unsur fisik (abiotik), yaitu unsurlingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara,iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yang dipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur, munculnya berbagai penyakit, dan lain-lain.
UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula.
seperti apa yang telah disampaikan oleh kepala kantor lingkungan hidup kabupaten bojonegoro bahwa regulasi dan kebijakan belum bisa optimal untuk menggerakkan manusia dalam merangsang kemauan untuk selalu proaktif merawat lingkungan disekitar kita.

Perubahan pola pikir dan cara pandang terhadap pentingnya melestarikan dan merawat lingkungan perlu digembar gemborkan melalui media, pembelajaran  (edukasi), dan  pelaksanaan kegiatan baik kelompok maupun individu yang ada hubungannya dengan lingkungan sehingga dengan begitu akan menimbulkan kesadaran manusia bahwa Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan apabila dengan iklas hati tentu sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak.

Upaya pemerintah kabupaten Bojonegoro untuk mewujudkan kehidupan yang sehat bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan.

Pembangunan berwawasan
lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut himbauan dari BLH jawa timur bahwa ditiap-tiap kabupaten perlu ada pencanangan serakang  pelestarian lingkungan dengan langkah kongrit seperti, Reboisasi, Sanitasi lingkungan, gerakan menanam pohon pengelolaan sampah,  Dsb Yang semua itu menitik beratkan pada perawatan lingkungan dan m,elestarikan bumi dari berbagai ancaman kerusakan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur