Berita Terhangat :
Home » , » KASUS-KASUS PERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI MASYARAKAT

KASUS-KASUS PERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI MASYARAKAT

Written By Unknown on Minggu, 16 November 2014 | 22:58



KASUS-KASUS PERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI MASYARAKAT



Memang banyak kasus-kasus perusakan lingkungan hidup dimasyarakat, semua   itu terjadi karena factor alam juga  ulah manusia itu sendiri.  Baik sengaja maupun tidak sengaja, sehingga membuat alam dan lingkunga  kita menjadi rusak.
Seperti contoh pembalakan liar ( Illegal Loging ), penebangan pohon-pohan besar yang rindah. Membuang sampah tidak pada tempatnya juga galian liar yang paling marak di Bojonegoro dan masih banyak kasus-kasus lainya yang sering terjadi dimasyarkat, seperti Polusi dari pembakaran  mesin (Knalpot , crobong pabrik, dan pembuangan limbah industry) yang semakin lama semkain ,meningkat seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Seperti  yang di muat dalam berita Media Center Bojonegoro, bahwa   lingkungan dikabupaten Bojonegoro sekarang sudah saatnya untuk diperhatikan dan dilindungi kelestarianya demi  mewujudkan lingkungan yang  sehat, rapi dan indah untuk menuju wong Bojonegoro yang sehat, ;produktif dan  bahagia seperti yang sering dikatakan Bapak Bupati Bojonegoro Kang Yoto.

Adapun langkah-langkah yang diambil pemerintahan kabupaten Bojonegoro, dalam mengantisipasi kerusakan lingkungan,  yaitu dengan cara  mengelauarkan Perda No. 12 Tahun 2000 tentang pelestarian lingkungan Hidup. Yang mana semua itu adalah bentuk kepedulian Pemerintah kabupaten Bojoneogoro dalam melestarikan dan menjaga kerusakan lingkungn hidup di disekitar kita.

DAMPAK  KERUSAKAN LINGKUNGAN DAN SOLUSINYA.

Sudah efektifkah peraturan dan undang-undang  tentang pelestarian .lingkungan hidup untuk mengawal dan menjaga kelestarian  lingkungan dikabupaten Bojonegoro atau di tempat lainya. Tentu jawabanya sama yaitu ternyata PERDA dan PERBUP dan peraturan Lainya  masih kurang efektif jika tidak dibarengi dengan pola pikir dan kesadaran manusia itu sendiri dalam melestarikan lingkungan.

Seperti contoh yang  marak dikabupaten Bojonegoro penggalian pasir  bengawan solo,Yang bisa menjadikan kerusakan erosi tanah pinggir bengawan,  juga pembalakan liar (Blandong), yang bisa mengakitbatkan hutan gundul dan keruskan ekosistem dan juga bisa menjadi banjir bandang, membuang sampah tidak pada tempatnya yang bisa mengakibatkan banjir ,lingkungan dan pencemaran air juga tanah.  
Tentu ini hanya merupakan contoh kecil tentang kerusakan lingkungan yang terjadi ditengah-tengah manusia, sehingg kita semua perlu mencari solusi bagaiamana cara yang efektif untuk menumbuhkan kesadaran masayarakat dalam mengantisipasi kerusakan lingkungan. 
Adapun solusi yang harus di lakukan adalah  Perlunya  diadakan sosialisasi melalui kelompok/ lembaga masyarakat tentang pentingya menjaga Lingkungan, juga perlunya PERDA atau PERBUP sebagai payung hukum,  dan yang paling penting bagaimana menumbuhkan kesadaran warga agar tidak beraktifitas yang membawa rusaknya lingkungan juga pendidikan life skill masyarakat agar mempunyai ketrampilan demi menciptakan lapangan kerja agar bisa menambah pendapatan keluaraga agar pola pikir tidak berorientasi pada aktifitas yang bisa merusak lingkungan dengan alasan ekonomi.               

             
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Email : kimaksesjayapejambon@gmail.com
Copyright © 2011. KIM Akses Jaya Pejambon - All Rights Reserved
Sekretariat : Jl. R. A. Kartini No.272 Desa Pejambon
Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur